Jakarta, CNBC Indonesia – Taiwan kembali dilanda gempa kuat Selasa (23/4/2024) dini hari. Serangkaian gempa bumi menggoyang ibu kota Taipe dengan magnitudo terkuat 6,3.

Mengutip Badan Cuaca Pusat Taiwan, gempa pertama terdeteksi pukul 02.26 waktu setempat dengan magnitudo 6,0. Gempa susulan terjadi enam menit kemudian dengan magnitudo 6,3.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (AS), gempa pertama memiliki magnitudo 6,1. Ini kemudian disusul gempa berkekuatan 6,0.

Mengutip saksi mata AFP, sebenarnya gempa dengan magnitudo 5,5 sudah terjadi Senin pukul 17.08 waktu setempat. Lalu muncul lagi beberapa kali gempa susulan dengan dua guncangan hebat yang terjadi bergantian satu demi satu sekitar pukul 02.30 waktu setempat.

“Saya sedang mencuci tangan, dan tiba-tiba merasakan apa yang saya kira sebagai vertigo,” kata Olivier Bonifacio, seorang turis yang tinggal di distrik Da’an di Taipei.

“Saya masuk ke kamar saya dan melihat gedung itu berguncang dan saya mendengar meja berderit,” tambahnya menambahkan bahwa saat itulah dia menyadari bahwa itu adalah gempa susulan lagi.

Jurnalis setempat juga menjadi saksi mata yang merasakan gedung-gedung mereka bergoyang saat terjadi gempa hebat. Sementara salah satu wartawan mengatakan panel kaca di kamar mandi dan jendela mengeluarkan suara saat pulau tersebut berguncang.

Mengutip laman yang sama guncangan terkuat gempa berada di wilayah Hualien bagian timur. Wilayah Hualien merupakan pusat gempa berkekuatan 7,4 yang melanda Taiwan 3 April lalu.

Gempa itu menyebabkan tanah longsor menutup jalan-jalan di sekitar wilayah pegunungan sementara bangunan-bangunan di kota utama Hualien rusak parah. Setidaknya 17 orang tewas dalam gempa tersebut, dengan jenazah terakhir ditemukan di sebuah tambang pada 13 April.

Gempa tersebut juga memicu tsunami kecil di Jepang dan peringatan tsunami di Filipina. Peringatan gempa susulan juga diberikan.

Belum ada laporan korban jiwa terkait gempa terbaru Taiwan ini. Taiwan sendiri sering mengalami gempa bumi karena terletak di persimpangan dua lempeng tektonik.

Gempa paling parah terjadi 1999, dengan magnitudo 7,6. Jumlah korban tewas pada saat itu jauh lebih tinggi, dengan 2.400 orang tewas dalam bencana alam paling mematikan dalam sejarah pulau tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Detik-detik Gempa M 7,5 Guncang Taiwan


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *