Jakarta, CNBC Indonesia – Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) pada Senin (22/4/2024) meluncurkan kapal selam kelas Invincible keempat bernama Inimitable. Peresmian kapal itu dilakukan di galangan kapal Thyssenkrupp, Jerman.

Menteri Senior Teo Chee Hean meresmikan upacara peluncuran itu. Mengikuti tradisi angkatan laut yang sudah lama ada, kapal selam tersebut diluncurkan oleh sponsor wanita, yakni saudara perempuan Teo, Teo Swee Lian.

Upacara tersebut disaksikan oleh Menteri Pertahanan Federal Boris Pistorius, Menteri Senior Negara Pertahanan Heng Chee How, Kepala Wakil Laksamana Angkatan Laut Jerman Jan Christian Kaack, Kepala Staf Angkatan Laut RSN Laksamana Muda Sean Wat, CEO Thyssenkrupp Marine System Oliver Burkhard, serta sebagai pejabat pertahanan senior dari kedua negara.

“Dengan bantuan teman-teman Jerman kami, kami telah mengirimkan kapal selam khas Singapura, yang khusus disesuaikan untuk perairan kami, dan dilengkapi dengan sistem digital canggih untuk memenuhi kebutuhan misi dan operasional kami,” kata Teo, yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Keamanan nasional dan Perairan, dikutip Channel News Asia.

Teo mencatat bahwa Singapura merupakan titik fokus rute pelayaran internasional. Hampir 90.000 kapal melewati Selat Malaka dan Singapura setiap tahunnya, yang merupakan sepertiga perdagangan global.

“Kapal selam baru kami akan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Republik Singapura dalam memenuhi misinya melindungi jalur komunikasi laut di kawasan kami,” kata Teo, yang juga menjabat Menteri Koordinator Keamanan Nasional.

“Semua negara akan mendapat manfaat ketika laut kita aman dan terlindungi.”

Kapal selam kelas Invincible disesuaikan untuk operasi di wilayah tropis Singapura yang dangkal dan sibuk. Mereka dikonsep dan direkayasa oleh RSN, Badan Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTA) dan Thyssenkrupp.

Kapal selam ini dilengkapi dengan kemudi buritan berbentuk X untuk manuver yang lebih presisi, dan sistem propulsi berdasarkan teknologi sel bahan bakar. Hal ini memungkinkannya bertahan di bawah air sekitar 50% lebih lama dibandingkan kapal selam kelas Archer, yang sebelumnya dimiliki Singapura.

Kapal selam sepanjang 70 m ini juga dapat membawa muatan delapan tabung torpedo, dan dapat melaju dengan kecepatan permukaan lebih dari 10 knot, sekitar 19 km h, atau lebih dari 15 knot saat terendam.

Setiap kapal diawaki oleh 28 awak, dan dibuat dengan konsol operator yang disesuaikan agar sesuai dengan postur tubuh personel RSN.

Pada bulan Desember 2022, RSN meluncurkan kapal selam kelas Invincible kedua dan ketiga barunya, yang diberi nama Impeccable and Illustrious. Yang pertama, Invincible, diluncurkan pada tahun 2019.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Jerman Disebut Sedang Krisis Serius, Pemerintah Bangkrut


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *