Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjadi ketua satuan tugas percepatan swasembada gula dan bioetanol di kabupaten Marauke, Papua Selatan.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2024 tentang Satuan Tugas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Papua Selatan. Beleid ini ditetapkan (19/4/2024).

Dijelaskan bahwa perlu dikembangkan suatu kawasan pengembangan swasembada gula dan bioetanol di kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Selain itu juga dari arahan presiden dalam Rapat Internal tentang percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol pada (12/12/2023) untuk percepatan pelaksanaan investasi perkebunan tebu terintegrasi dengan industri gula dan bioetanol melalui mekanisme Proyek Strategis Nasional atau Kawasan Ekonomi Khusus, maka perlu dibentuk Satuan Tugas.

Satgas ini memiliki beberapa tugas, seperti menginventarisasi dan mengidentifikasi permasalahan dalam rangka percepatan swasembada gula dan bioetanol, hingga memfasilitasi ketersediaan lahan sesuai dengan komoditas tebu.

Selain itu juga memfasilitasi pelaku usaha dalam pemenuhan persyaratan dasar dan perizinan berusaha percepatan pembangunan perkebunan tebu terintegrasi dengan industri, juga mengoordinasikan penyelesaian administrasi pertanahan atas yang diperoleh melalui mekanisme pelepasan kawasan hutan atau pengadaan tanah.

Adapun berikut susunan ketua dan wakil ketua serta anggota Satgas percepatan swasembada gula dan bioetanol di kabupaten Marauke, Papua Selatan :

– Ketua Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal

– Wakil Ketua Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

– Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN

Anggota :

– Menteri Dalam Negeri

– Menteri Keuangan

– Menteri Pertanian

– Menteri PUPR

– Menteri BUMN

– Kepala Badan Karantina Indonesia

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Impor Gula Seret, Pemerintah Pakai Jurus Ini Gebrak Importir


(emy/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *